Profil

Program Magister (S2) Biosain atau Biologi Terapan Pascasarjana UNS dibuka untuk memberikan kesempatan kepada para sarjana Biologi, Pendidikan Biologi, Kesehatan, Lingkungan, Peternakan, Kehutanan, Pertanian serta bidang lain terkait untuk mengembangkan kemampuan teoretik maupun aplikatif biologi di berbagai bidang terapan. Program ini lebih menekankan pada aplikasi biologi di bidang terkait melalui penelitian yang didukung dengan pendalaman materi biologi terkini (khususnya biologi molekuler).

Pengembangan tenaga peneliti yang lebih profesional merupakan salah satu faktor utama yang memotivasi Program Pascasarjana UNS untuk membuka Program Magister Biosain. Di samping itu potensi kekayaan alam hayati Indonesia yang tinggi merupakan tantangan besar bagi lembaga pendidikan tinggi yang mampu mencetak sumberdaya manusia yang handal dalam pemanfaatan dan pengelolaannya secara berkelanjutan.

Berbeda dengan program magister biologi yang lebih mementingkan pendalaman teori biologi klasik, Program Studi Biosain lebih menekankan pada penguasaan biologi molekuler yang menjadi landasan bagi perkembangan biologi masa mendatang. Lulusan program magister Biosains diharapkan dapat menjadi peneliti handal yang memiliki keunggulan dalam penguasaan konsep dan keterampilan pengembangan profesionalisme dalam menghadapi dan memecahkan masalah berbasis sumberdaya hayati ke depan, serta mempunyai kesiapan yang cukup untuk mengikuti program pendidikan yang lebih tinggi (S3).

VISI

Visi Program Studi Biosain program Pascasarjana UNS adalah menjadi pusat studi dan pengembangan biodiversitas yang unggul di tingkat Nasional dan Internasional.

MISI

Misi Program Studi Biosain PPs UNS adalah sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dengan fokus dalam bidang biodiversitas
  2. Menyelenggarakan penelitian bidang biodiversitas, khususnya  pada tingkat gen dan spesies
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berbasis penelitian yang telah dilaksanakan dalam bidang biodiversitas

TUJUAN

Tujuan yang ingin dicapai oleh Program Studi Magister Biosain adalah sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan yang mampu dalam pengembangan dan pemanfaatan biodiversitas berkelanjutan
  2. Menghasilkan produk penelitian berkualitas di bidang biodiversitas baik dasar maupun terapan.
  3. Menghasilkan kegiatan-kegiatan kemasyarakatan berdasarkan kajian biodiversitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *