Pendaftaran

A. Syarat pendaftaran.
Calon dapat diterima sebagai mahasiswa Program Studi Biosain Program Pascasarjana apabila memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Sarjana (S1) rumpun atau berbasis Biologi yang telah menyelesaikan beban kredit 144 – 160 SKS dengan IP minimal 2,75 atau IP minimal 6,25 pada skala 0 -10.
  2. Memiliki gelar sarjana dari Universitas negeri atau swasta yang ijazahnya disahkan oleh pemerintah.
  3. Lolos seleksi tes tertulis dalam ujian TPA dan tes Bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh Program Pascasarjana UNS.

 B. Prosedur pendaftaran.

Prosedur penerimaan mahasiswa di Program Studi Biosain Program Pascasarjana UNS mengikuti ketentuan dari panitia SPMB yang telah diatur sebagai berikut:

  1. Calon mahasiswa mengisi formulir pendaftaran melalui internet pada situs http://www.spmb.uns.ac.id. Caranya: klik “Pendaftaran” dan isi form yang ada, kemudian cetak hasil pendaftaran on line tersebut sebagai bukti telah berhasil melakukan pendaftaran on line.
  2. Paling lambat 3 (tiga) hari setelah melakukan pendaftaran on line. Calon membayar atau transfer biaya pendaftaran sebesar Rp 300.000,00 (S2) ke rekening Rektor Universitas Sebelas Maret di Bank Tabungan Negara (BTN) cabang UNS. Pembayaran juga dapat dilakukan dari seluruh kantor cabang BTN dengan menuliskan nama dan nomor pendaftaran untuk program S2/S3 di slip setoran. Apabila setelah 3 (tiga) hari dari saat pendaftaran on line, calon mahasiswa belum melakukan pembayaran, maka data pendaftaran akan dihapus.
  3. Paling lambat 3 hari sebelum tanggal ujian dilaksanakan, calon mahasiswa diminta melakukan verifikasi data dan menyerahkan kuitansi atau bukti asli setoran biaya pendaftaran seleksi mahasiswa baru dari BTN ke PPs UNS, selanjutnya akan menerima Kartu Tanda Peserta Tes.
  4. Mengikuti tes masuk sesuai jadwal yang telah ditetapkan panitia.
  5. Setelah mengikuti tes calon mahasiswa mengisi dan menyerahkan atau mengirimkan Formulir Lamaran (dapat diunduh pada www.spmb.uns.ac.id) ke PPs UNS dengan alamat: Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret, Jl. Ir. Sutami No. 36 A Surakarta 57126; Telp/Fax. (0271) 632450.
  6. Formulir Lamaran (pada butir 5) dilampiri berkas (masing-masing rangkap dua), sebagai berikut:
    1. Copy ijasah sarjana (S1/S2) dan transkrip akademik dilegalisir
    2. Surat rekomendasi dari pihak yang mengetahui kemampuan akademik calon
    3. Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program magister, yang berisi: (i) Alasan mengikuti program magister; dan (ii) Harapan yang diinginkan dalam mengikuti program magister dan rencana kegiatan setelah studi
    4. Daftar riwayat hidup (Curiculum vitae)
    5. Surat Ijin belajar tertulis dari tempat bekerja(bagi yang sudah bekerja)
    6. Surat keterangan sehat dari dokter
    7. Surat keterangan jaminan sanggup membiayai studinya sampai selesai, baik dari diri sendiri maupun dari  institusi tempat bekerja atau sponsor
    8. Sampul formulir lamaran berwarna biru
    9. Pengumuman hasil seleksi disampaikan secara online di website www.spmb.uns.ac.id atau di http://pasca.uns.ac.id  dan dapat juga disampaikan melalui surat (jika ada permohonan).

C. Waktu Pendaftaran, Seleksi dan Pengumuman

SPMB   Program Pascasarjana
(Magister/S-2 dan Doktor/S-3)
Pendaftaran/Pembayaran
  1. Periode        Januari: 17 Desember 2012 – 17 Januari 2013
  2. Periode        April: 19 Maret – 24 April 2013
  3. Periode        Mei: 13 – 24 Mei 2013
  4. Periode        Juli: 18 Juni – 18 Juli 2013
  5. Periode        Nopember: 15 Oktober – 14 Nopember 2013
  Penyerahan   Dokumen
  1. Periode        Januari: 17 Desember 2012 – 17 Januari 2013
  2. Periode        April: 19 Maret – 24 April 2013
  3. Periode        Mei: 13 – 24 Mei 2013
  4. Periode        Juli: 18 Juni – 18 Juli 2013
  5. Periode        Nopember: 15 Oktober – 14 Nopember 2013
  Ujian   Tulis
  1. Periode Januari: 19 Januari 2013 (di Auditorium UNS)
  2. Periode        April: 27 April 2013 (di Auditorium UNS)
  3. Periode        Mei: 25 Mei 2013 (di Auditorium UNS)
  4. Periode        Juli: 20 Juli 2013 (di Auditorium UNS)
  5. Periode        Nopember: 16 Nopember 2013 (di Auditorium UNS)
  Ujian   Khusus/Ketrampilan Dilakukan   di masing-masing prodi
  Pengumuman
  1. Periode        Januari: 1 Pebruari 2013
  2. Periode        April: 7 Mei 2013
  3. Periode        Mei: 8 Juni 2013
  4. Periode        Juli: 10 Agustus 2013
  5. Periode        Nopember: 7 Desember 2013
  Registrasi   (Bagi yang lulus seleksi) Online dan   Ondesk:

  1. Periode        Januari: 4 – 8 Pebruari 2013
  2. Periode        April: 13 – 17 Mei 2013
  3. Periode        Mei: 10 – 14 Juni 2013
  4. Periode        Juli: 12 – 16 Agustus 2013
  5. Periode        Nopember: 6 – 10 Januari 2014

D. Dasar Pertimbangan Penerimaan

  1. Kelengkapan persyaratan administrasi.
  2. Lolos seleksi tes tertulis dalam ujian TPA dengan skor minimal 500 dan tes Bahasa Inggris dengan skor English for Academic Purposes (AEAP) minimal 60 atau setara dengan skor TOEFL minimal 450 dari Unit Pelaksana Teknis P2B Universitas Sebelas Maret.
  3. Calon mahasiswa yang memiliki skor hasil tes EAP kurang dari 60, diwajibkan mengikuti pelatihan bahasa Inggris di UPT P2B UNS.

Pendidikan magister PPs UNS dapat dibuka dua kali dalam satu tahun: yaitu periode Februari–Juli, yang dimulai bulan Februari (perkuliahan dibuka jika jumlah calon mahasiswa secara kumulatif minimal 8 orang) dan periode Agustus–Januari (tidak ada syarat jumlah minimal calon mahasiswa) yang dimulai bulan Agustus.

4 Responses to Pendaftaran

  1. Rahmawati Aziz says:

    sy mhsw pps biologi ugm..sy mau pindah ke pps biologi uns apa bs?sy hny tinggal tesis saja..bgmn proses pendaftaran bagi mhsw pindahan dan kpn mulai pendaftaran..mksh infony..

    • admin says:

      Maaf terlambat membalas, silahkan menemui Prof. Sugiyarto (Ketua Prodi S2 Biosains di Gd Pascasarjana UNS Lt.2), semoga dapat dibantu. Wassalam.

  2. SRI HESTI HANDAYANI says:

    Mau tanya, saya sudah diterima di Biosains pada periode 5 tahun 2011. Untuk perkuliahan dimulai kapan? terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *